• Be a leader !

    PEMIMPIN

    Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan - khususnya kecakapan-kelebihan di satu bidang , sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk pencapaian satu beberapa tujuan. (Kartini Kartono, 1994 : 181).

    Jarang-jarang aku bicara seperti ini, tapi kejadian semalam membuat aku berpikir lebih tentang menjadi pemimpin. 

    Aku ceritakan dari awal, dengan diadakanya latihan rutin setiap malam oleh Gresik Teater otomatis setiap malam kerjaanku duduk, liat latihan anak-anak Gresik Teater. entah kenapa, semalam banyak persoalan yang dibicarakan. dan mas dicky selaku pelatih Cepak dan Gresik Teater tiba-tiba ngajak ngobrol denganku tentang apa itu pemimpin.


    Mas Dicky : "PEMIMPIN, dia bukan saja harus tegas, pintar dan cekatan tapi dia juga harus ceras dalam membaca dan memahami tiap-tiap personal. Karena liat saja berapa orang yang harus dia pimpin dan tiap orang punya hati dan pikiran berbeda-beda, sedangkan pemimpin hanya punya SATU HATI dan SATU PIKIRAN. dan itu yang harus dia gunakan untuk menyetir semua pikiran dan hati orang yang dipimpin. Toh kadangkalapemipin nggak boleh egois, harus siap berkorban apa saja, pikiran, tenaga, emosi, bahkan materi dia harus siap dan yang pasti pemimpin harus punya MENTAL YANG KUAT"



    Dari gagasan itu, aku mendengarkan sekaligus berpikir, apa aku bisa ? apa aku kuat untuk jadi pemimpin ? 


    Mas Dicky : "Kalo diibaratkan ya el, PEMIMPIN ITU KAYAK GULA. kalo kelebihan terlalu manis padahal belum tentu gulanya yang kebanyakan bisa saja kopinya kurang. trus kalo kepahitan ? dibilang gulanya kurang, padahal belumtentu bisa saja kopinya kebanyakan ? tapi yang pasti kalo kopinya pas ? pasti GULANYA PAS. Dan itu yang harus dimiliki pemimpin pas sesuai takaran."



    Aku berpikir lagi, apa aku benar-benar bisa jadi seperti itu ? berkorban dan harus pas sesuai takaran yang ada ? 


    Mas Dicky : "Dan yang pasti PEMIMPIN hrus pintar-pintar membaca personal dan masalah yang ada dan HARUS PUNYA IKATAN EMOSI YANG KUAT DENGAN ORANG YANG DIPIMPINYA"


    Oke, aku berpikir sekali lagi. apa aku bisa ??? Oh god, aku bisa tidak seperti itu ?
    tapi aku yakin AKU PASTI BISA dan SIAPAPUN PASTI BISA JADI PEMIMPIN.




    BE A GOOD LEADER !!

0 comments:

Post a Comment